Jalan Raya Tirtowening No.17, Bendunganjati, Pacet, Bendorejo, Bendunganjati, Kec. Pacet, Mojokerto, Jawa Timur 61374

Belajar Transaksi Online (E-Commerce) di QS. Al-Mulk: 15

Institut Pesantren KH. Abdul Chalim Mojokerto

Belajar Transaksi Online (E-Commerce) di QS. Al-Mulk: 15

Seorang Guru Besar pernah berkata, ‘bagi pengajar pemula, mengajar itu seneng, karena sebenarnya ia juga sedang belajar, sering sekali ia mendapatkan ilmu baru ketika sedang mengajar’. Seorang teman yang bijak juga pernah menyampaikan, ‘setiap tempat adalah sekolah dan setiap orang adalah guru’. Ungkapan Profesor dan seorang teman tersebut sangat tepat. Ini terbukti ketika saya sedang belajar dengan teman-teman Perbankan Syariah beberapa hari yang lalu.

Bahan diskusi waktu itu adalah ‘Distribusi dalam kajian al-Qur’an dan Hadis’. Objek kajiannya adalah surat al-Mulk ayat 15. “هو الذي جعل لكم الأرض ذلولا فامشوا في مناكبها وكلوا من رزقه وإليه النّشور”  ‘Dialah Yang menjadikan bumi itu mudah bagi kamu, maka berjalanlah di segala penjurunya dan makanlah sebahagian dari rezeki-Nya. Dan hanya kepada-Nya-lah kamu (kembali setelah) dibangkitkan.’ Kurang lebih demikian terjemahannya.

Distribusi biasa didefinisikan sebagai penyaluran (pembagian, pengiriman) kepada beberapa orang atau ke beberapa tempat. Menyesuaikan dengan pengertian ini, bagian dari ayat 15 surat al-Mulk yang erat kaitannya dengan distribusi adalah ‘…..maka berjalanlah di segala penjurunya….’ kata ‘berjalan’ berarti tidak diam, bergerak dan pindah dari satu tempat ke tempat lainnya. Ini mengandung semangat yang sama dengan ‘distribusi’

Melalui ayat ini, seakan atau bahkan memang sungguh-sungguh, al-Qur’an menyuruh manusia, membebaskan mereka untuk menjelajahi segala penjuru dunia dalam rangka mendistribusikan produk mereka. Jika direnungkan lagi, kalimat perintah ini memuat isyarat yang luar biasa, khususnya mengenai kegiatan distribusi.

Mengikuti semangat ayat tersebut, pendistribusian itu tidak dibatasi, baik orang maupun tempatnya. Hal ini seharusnya bisa dimanfaatkan oleh distributor atau bahkan produsen.  Tuntutannya, pengelolaan aktivitas distribusi harus diperhatikan, di waktu yang sama strategi pemasaran juga harus dipikir ulang. Di sini jelas keterkaitan antara distribusi dan pemasaran. Distribusi adalah penyaluran barang. Sedangkan pemasaran adalah cara mendistribusikan, aktivitas yang sifatnya lebih dinamis yang tujuan akhirnya adalah terciptanya distribusi.

Satu hal lagi yang penting terkait distribusi dan pemasaran, yaitu promosi. Di generasi internet seperti sekarang, promosi sangat mudah dilakukan, setiap waktu, di setiap tempat dan setiap orang bisa mempromosikan produknya. Mulai bangun tidur sampai tidur lagi, di kamar mandi rumah hingga di kamar tidur hotel, anak kecil hingga orang tua, sedang istirahat atau sedang sibuk bekerja, mereka masih tetap bisa menjalankan bisnisnya.

Fenomena ini yang sekarang marak terjadi di dunia bisnis. Jika dulu iklan di televisi dianggap sebagai media promosi yang paling efektif, maka sekarang internet lebih dipilih oleh para distributor dan lebih disukai oleh para konsumen. Sosial media yang semakin beragam, mulai dari facebook, path, twitter, hingga instagram dapat dimanfaatkan untuk promosi besar-besaran dalam waktu yang sangat cepat.

Tidak berhenti di promosi, setelah itu berlanjut pada transaksi jual beli. Jika dulu pembeli harus mendatangi penjual untuk membeli barang yang dibutuhkan, pun penjual harus berhadapan dengan pembeli untuk menjual produknya, maka sekarang penjual dan pembeli bisa bertransaksi jarak jauh, memanfaatkan aplikasi smartphone, website atau media sosial. Ini yang kita sebut dengan jual beli online.

Dalam waktu yang relatif singkat, disertai dengan beberapa pembenahan yang dilakukan toko online, jual beli online mengalami perkembangan yang sangat pesat. Jual beli online pun menjadi tren belanja masa kini.

Melihat beberapa kelebihan dari jual beli online, kecenderungan tersebut menjadi sangat beralasan. Jual beli online membuat produsen dan konsumen bisa menghemat waktu, karena tidak usah mendatangi toko fisik; memberi dan mendapatkan informasi dengan lebih mudah; menghemat biaya operasional. Khusus pelaku usaha, jual beli online mengeluarkan modal relatif lebih kecil, akses pasar lebih luas dan bisa dibuat usaha sampingan tanpa mengganggu aktifitas utamanya.

Jual beli online berhasil melewati jarak dan waktu, menembus segala penjuru dunia, jarak dan batasan tempat tidak lagi menjadi masalah. Isyarat ini yang coba ditunjukkan oleh al-Qur’an melalui surat al-Mulk ayat 15 sebagaimana disinggung di atas.

Terlebih lagi, jual beli online sangat berperan dalam menciptakan peluang usaha bagi setiap orang, khususnya bagi pelaku usaha pemula. Bukankah ini bagian dari membantu dalam hal kebaikan, berbagi keuntungan lewat transaksi online? Semangat ini pula yang coba ditularkan oleh al-Qur’an di bagian akhir surat al-Muzzammil ayat 20.

Dalam konteks pembicaraan ini,  jadi ingin tahu, siapa yang selama ini sudah berbisnis dengan isyarat al-Mulk ayat 15 dan dengan semangat al-Muzzammil ayat 20?

Mengutip Wikipedia, www.computesta.com, situs yang berisi tentang hal-hal seputar perkembangan bisnis menginformasikan timeline perkembangan toko online sebagai berikut:

1982 : France Telecom (Perancis) memperkenalkan Minitel yang digunakan untuk pemesanan online.
1987 : Swreg mulai menyediakan account kepada pembuat software dan shareware untuk menjual produk mereka.
1990 : Tim Berners-Lee menulis browser web pertama, WorldWideWeb, digunakan ke komputer NeXT
1992 : J.H. Snider dan TerraZiporyn mempublikasi buku Future Shop:How New Technologies Will Change the Way We Shop and What We Buy
1994 : Netscape merilis browser Navigator di Oktober dengan nama kode Mozilla.
Pizza Hut menyediakan fasilitas pemesanan online pada halaman web-nya.
Bank Online pertama dibuka
1995 :Jeff Bezos merilis Amazon.com dan merupakan stasiun radio internet, komersial-gratis 24 jam.
Dell dan Cisco mulai menggunakan Internet untuk transaksi online secara intensif.
eBay dibuat oleh Pierre Omidyar dengan nama AuctionWeb

 

Dan seterusnya.

 

Selain jual beli, transaksi online (e-commerce) yang sekarang masih menjadi topik berita adalah transportasi online. Tidak jauh beda dengan jual beli online, transportasi ini memanfaatkan internet dalam operasionalnya. Nadiem Anwar Makarim, warga negara Indonesia alumni sekolah bisnis Harvard, Universitas Harvard adalah pendiri salah satu transportasi online laris di Indonesia.

Baik Jual beli online, tranportasi online maupun transaksi online lainnya, semuanya berhutang budi pada pada Bapak internet, Leonard Kleinrock.

Sungguh luar biasa jasa mereka, sudah sepantasnya kita berterimakasih kepada mereka dengan meneladani semangat dan melanjutkan karya mereka.

Allah A’lam

(limmah)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *